Syarat & Ketentuan

Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat terhadap Anda sebagai pengguna layanan dan/atau produk dari Penyedia (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”) yang mengakses dan/atau menggunakan setiap fitur dan/atau layanan yang tersedia di aplikasi dan/atau situs web yang diterbitkan, dimiliki dan/atau dikelola oleh Flick (PT Kreigan Sentral Teknologi), sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum dan berdomisili di negara Republik Indonesia (“Penyedia”).

Masing-masing Penyedia dan Pengguna disebut sebagai “Pihak” dan bersama-sama, “Para Pihak.”

Para Pihak terlebih dahulu menerangkan dan menyepakati Konsiderans berikut ini, yaitu bahwa:

Penyedia merupakan pengelola dan/atau penyedia berbagai layanan dan/atau produk berbasis digital untuk keperluan kegiatan komersial yang tersedia di situs dan aplikasi yang dimiliki dan dikelola oleh Penyedia yang secara lengkap terdapat pada https://www.flick.id – dan Pengguna dengan ini menyatakan telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan juga syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku terkait setiap produk dan/atau layanan (yang seluruhnya dapat diakses pada [https://www.flick.id/terms-and-conditions] sebelum menggunakan setiap layanan dan produk yang ditawarkan oleh Penyedia.

Kebijakan Privasi berikut ini menjelaskan bagaimana Penyedia mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, mengolah, menguasai, mengalihkan, mengungkapkan dan melindungi Informasi Pribadi Pengguna.

Penyedia atas kebijaksanaannya sendiri yang mutlak, berhak untuk mengamendemen, mengubah atau menambahkan Kebijakan Privasi setiap saat (dengan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia) untuk jumlah yang tidak terbatas dan tanpa batasan untuk menampilkan versi terbaru dari Kebijakan Privasi ini yang telah diamendemen, diubah atau ditambahkan (“Perubahan Kebijakan Privasi”).

Perubahan Kebijakan Privasi berlaku efektif setelah pengumuman akan perubahan tersebut ditampilkan [dua (2)] hari kalender pada situs Penyedia. Pengguna dengan ini setuju untuk menerima dan terikat dengan setiap Perubahan Kebijakan Privasi tersebut. Setiap Perubahan Kebijakan Privasi akan dianggap sebagai pernyataan kembali atas seluruh Kebijakan Privasi dan akan menggantikan seluruh versi terdahulu.

Para Pihak dengan ini menyepakati hal-hal sebagai berikut:

1. Definisi dan interpretasi

Untuk tujuan Kebijakan Privasi ini, kecuali apabila konteksnya bermaksud lain, istilah-istilah yang didefinisikan memiliki arti sebagaimana berikut:

Afiliasi” berarti (a) hubungan antara Penyedia dengan pegawai, direktur atau komisaris Penyedia; (b) hubungan antara Penyedia dengan perusahaan lain di mana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama; (c) hubungan antara perusahaan dengan Penyedia, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut; (d) hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh Penyedia; atau (e) hubungan antara Penyedia dan pemegang saham utama.

Aplikasi” berarti setiap situs dan/atau aplikasi digital yang diterbitkan, dimiliki dan/atau dikelola oleh Penyedia.

Bank” berarti badan hukum yang bergerak di bidang perbankan dan didirikan berdasarkan hukum Indonesia.

Hari Kerja” berarti hari selain Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, di mana Bank buka dan operasional untuk kegiatan sehari-hari.

Informasi Pribadi” berarti informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan informasi tersebut.

2. Ketentuan Dasar

2.1 Penyedia berhak atas, dan Pengguna dengan ini menyetujui, mengizinkan, dan memberikan wewenang penuh kepada Penyedia atas, pengumpulan, pemberian, penyimpanan, penggunaan, pengolahan, penguasaan, pengalihan, pengungkapan, dan perlindungan atas Informasi Pribadi dari Pengguna untuk berbagai tujuan Penyedia dalam penyediaan berbagai layanan dan/atau fitur oleh Penyedia sesuai dengan Kebijakan Privasi ini dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

2.2 Apabila Pengguna menolak sebagian atau seluruh ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini, maka Penyedia berhak untuk tidak memberikan layanan-layanan atau produk-produk kepada, atau memproses permintaan-permintaan dari, atau pemenuhan kewajiban terhadap, Pengguna.

2.3 Informasi Pribadi termasuk, tetapi tidak terbatas pada, nama, alamat, tanggal lahir, pekerjaan, status perkawinan, nomor telepon, nomor faks, alamat e-mail, rekening bank dan detail kartu kredit/debit, saldo uang elektronik pada Aplikasi, sumber dana transaksi elektronik, jenis kelamin, rincian dokumen tanda pengenal (termasuk Kartu Tanda Penduduk, Surat Izin Mengemudi, Paspor atau tanda pengenal lainnya) yang diterbitkan oleh instansi berwenang, foto, dan/atau kewarganegaraan, IP address, informasi lokasi, data perangkat, (termasuk namun tidak terbatas pada; nomor IMEI, nama aplikasi yang telah dilekatkan pada perangkat Pengguna), data yang menyangkut informasi mengenai kegiatan Pengguna pada Aplikasi, profil pribadi, nomor pengenal unik, dan/atau informasi biometrik yang dikaitkan atau digabungkan dengan Informasi Pribadi.

2.3 Penyedia berhak memproduksi, menggunakan, melisensikan atau mengungkapkan data dari Informasi Pribadi yang dimiliki dan dikuasai oleh Penyedia, dengan ketentuan bahwa:

(a) setiap hal yang dapat dikaitkan untuk mengidentifikasi setiap Pengguna telah dihilangkan sehingga data tersebut, baik berdiri sendiri atau dikombinasikan dengan data lain, tidak dapat dihubungkan atau dikaitkan dengan atau tidak dapat mengidentifikasi suatu Pengguna; dan

(b) data tersebut telah digabungkan sedemikian rupa sehingga data asli membentuk bagian dari kumpulan data yang lebih besar.

3. Pengumpulan Informasi Pribadi

3.1 Penyedia dapat mendapatkan/mengumpulkan Informasi Pribadi dari Pengguna:

(a) secara langsung atau tidak langsung ketika Pengguna menginput data, mendaftarkan, mengindikasikan, menggunakan, mengungkapkan, setiap jenis atau bentuk informasi yang dapat dikategorikan sebagai Informasi Pribadi pada Aplikasi dan/atau media lainnya yang dapat diterima oleh Penyedia, dan Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin kepada Penyedia bahwa Pengguna cakap, tanpa berlawanan dengan hukum, berwenang dan berhak untuk menginput data, mendaftarkan, mengindikasikan, menggunakan, mengungkapkan, setiap jenis atau bentuk informasi yang dapat dikategorikan sebagai Informasi Pribadi yang diterima oleh Penyedia dari Pengguna tersebut;

(b) menggunakan fitur, piranti lunak dan/atau perangkat keras yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses dan/atau menggunakan Aplikasi, yaitu GPS (global positioning system), kamera, layanan pengiriman pesan elektronik, akses internet, coarse location, daftar kontak dan/atau riwayat panggilan;

(c) dari pihak ketiga yang sudah mendapatkan persetujuan Pengguna untuk pengumpulan, pemberian, penyimpanan, penggunaan, pengolahan, penguasaan, pengalihan, pengungkapan atas Informasi Pribadi dari Pengguna untuk atau sehubungan dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kerja sama kami dengan pihak ketiga tersebut (tergantung pada situasinya).

4. Penggunaan Informasi Pribadi

4.1 Penyedia berhak menggunakan Informasi Pribadi yang diterima berdasarkan Kebijakan Privasi ini untuk tujuan berikut, dan tujuan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku:

(a) kegiatan usaha Penyedia secara umum;

(b) mengidentifikasi, mendaftarkan, mengadministrasikan, memverifikasi, mengaktifkan, menonaktifkan, memblokir atau mengelola akun Pengguna dan setiap data dan/atau aset elektronik yang terkait dengan akun Pengguna;

(c) proses verifikasi yang diperlukan untuk proses mengenal pelanggan (Know Your Customer);

(d) menyediakan atau tidak menyediakan layanan kepada Pengguna;

(e) memenuhi atau tidak memenuhi kewajiban Penyedia kepada Pengguna;

(f) berkomunikasi dengan Pengguna dan menyediakan informasi sehubungan dengan Aplikasi kepada Pengguna;

(g) mengolah dan menanggapi setiap informasi yang diterima dari Pengguna;

(h) memelihara, memperbaiki, mengembangkan, menguji, meningkatkan Aplikasi dan mempersonalisasikan Aplikasi untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Pengguna;

(i) memantau dan menganalisis pola kegiatan, perilaku, data demografis, kebiasaan dari Pengguna terkait pengaksesan dan penggunaan Aplikasi;

(j) menyediakan atau menawarkan layanan dari Penyedia dan/atau Afiliasi atau mitra dari Penyedia, termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan pemasaran, iklan, voucer, survei, dan informasi secara langsung atau terfokus, dan informasi tentang penawaran atau promosi khusus;

(k) mencegah, mendeteksi, dan mengatasi terjadinya kegiatan yang dilarang yang bertentangan dengan setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku di atau diberlakukan oleh Penyedia dan juga hukum yang berlaku, yang mungkin terjadi dalam penggunaan Aplikasi termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, pencucian uang, pendanaan terorisme, dan/atau segala kegiatan yang berpotensi atau telah merugikan Penyedia, setiap Pengguna, dan/atau pihak ketiga lainnya;

(l) memfasilitasi transaksi keperusahaan (seperti transaksi terkait saham, aset, dan/atau kepentingan lainnya terkait Penyedia dan/atau Afiliasinya);

(m) keperluan investigasi, pemeriksaan, audit, uji tuntas, penyelidikan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan

(n) untuk tujuan lain setelah Penyedia memperoleh persetujuan Pengguna untuk penggunaan tersebut.

5. Pengungkapan kepada Pihak Ketiga

5.1 Penyedia berhak mengungkapkan, mengalihkan, menggandakan, dan/atau membagikan Informasi Pribadi yang diterima dari Pengguna kepada Afiliasi Penyedia dan pihak ketiga lainnya untuk tujuan berikut, dan tujuan lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku:

(a) kegiatan usaha Penyedia secara umum;

(b) penyediaan layanan kepada Pengguna;

(c) memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau perintah atau permintaan dari instansi dan/atau pihak berwenang, baik untuk keperluan proses hukum atau lainnya;

(d) proses verifikasi yang diperlukan untuk proses mengenal pelanggan (Know Your Customer) untuk keperluan penyediaan layanan kepada Pengguna;

(e) penanganan keadaan darurat atau ancaman terhadap kesehatan dan/atau keselamatan Pengguna dan/atau aset Pengguna;

(f) memfasilitasi transaksi atau rencana transaksi keperusahaan (seperti transaksi terkait saham, aset, dan/atau kepentingan lainnya terkait Penyedia dan/atau Afiliasinya);

(g) untuk perkenalan atau penawaran produk atau jasa, pemasaran, penelitian, riset dan pengembangan produk dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan Penyedia dan/atau Afiliasi dari Penyedia;

(h) penyimpanan Informasi Pribadi untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan; dan

(i) untuk tujuan lain setelah Penyedia memperoleh persetujuan Pengguna untuk pengungkapan atau pembagian tersebut.

5.2 Untuk menghindari keraguan, pihak ketiga sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini dapat merupakan, termasuk namun tidak terbatas pada:

(a) mitra, termasuk pihak-pihak yang bekerja sama dengan Penyedia yaitu, antara lain pelaku riset pemasaran, manajemen acara, sponsor, dan periklanan, Bank, institusi keuangan lainnya, penyedia layanan umum, penyedia layanan teknologi informasi;

(b) institusi pemerintahan, otoritas pajak, institusi legislatif, lembaga peradilan dan/atau lembaga penegak hukum lainnya, dan/atau institusi atau lembaga lainnya yang dibentuk berdasarkan peraturan perundang-undangan;

(c) penasihat profesional, auditor eksternal, penasihat hukum, keuangan, konsultan bisnis, penasihat pajak.

6. Permintaan Akses, Koreksi dan Penarikan Informasi Pribadi

6.1 Dengan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat meminta kepada Penyedia untuk mengakses dan/atau meminta koreksi atas Informasi Pribadi dari Pengguna yang dimiliki dan dikuasai oleh Penyedia, dengan menghubungi Pengguna di kontak yang tercantum pada Kebijakan Privasi ini.

6.2 Penyedia berhak menolak permintaan Pengguna untuk mengakses dan/atau mengoreksi, sebagian atau seluruh Informasi Pribadi dari Pengguna untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau apabila bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku di atau diberlakukan oleh Penyedia.

6.3 Pengguna dapat mencabut persetujuan untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan Informasi Pribadi pada setiap waktu dengan memberikan pemberitahuan [15 Hari Kerja] sebelumnya secara tertulis kepada Penyedia di rincian kontak yang tercantum di Kebijakan Privasi ini. Pengguna memahami dan mengakui bahwa Penyedia dapat menolak untuk menyediakan layanan dan/atau Aplikasi kepada Pengguna setelah penarikan tersebut. Lebih lanjut, pencabutan persetujuan Pengguna tidak mengakhiri segala hak dan kewajiban yang muncul akibat hubungan kontraktual yang terjadi antara Penyedia dan Pengguna.

7. Penyimpanan Informasi Pribadi

7.1 Penyedia akan menyimpan Informasi Pribadi dari Pengguna sepanjang diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya sesuai dengan Kebijakan Privasi ini, atau sepanjang penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

8. Pembatasan Tanggung Jawab Penyedia

8.1 Pengguna akan melepaskan, membebaskan, mengindemnifikasi, membela Penyedia dan Afiliasinya, termasuk setiap pejabat, direktur, karyawan, agen, mitra, pemasok, kontraktor Penyedia dari dan terhadap setiap dan segala permintaan, gugatan, klaim, kerugian, tanggung jawab, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran biaya ganti rugi penuh) yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari:

(a) segala kerugian akibat Informasi Pribadi yang dicegat, disadap, diakses, dicuri, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Penyedia dan/atau yang bertentangan dengan Kebijakan Privasi ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk yang diakibatkan oleh kesalahan atau kelalaian Pengguna;

(b) segala kerugian pihak manapun atas pengungkapan Informasi Pribadi oleh Pengguna yang berkaitan dengan pihak lain kepada Penyedia;

(c) penyimpanan Informasi Pribadi dari Pengguna oleh setiap pihak ketiga sebagaimana dimaksud dalam Kebijakan Privasi ini;

(d) pengumpulan, penggunaan, pemeliharaan, pembagian, atau pengungkapan data dan informasi yang dilaksanakan di situs atau aplikasi yang dimiliki, dikelola dan/atau dioperasikan pihak ketiga yang ditautkan oleh Penyedia pada Aplikasi dan setiap pesan yang dikirimkan oleh Penyedia kepada Pengguna berdasarkan Kebijakan Privasi dan sehubungan dengan setiap layanan Penyedia.

9. Lain-lain

9.1 Kebijakan Privasi ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

9.2 Apabila dalam pelaksanaan Kebijakan Privasi ini terjadi perbedaan pendapat dan/atau penafsiran maupun terjadi perselisihan di antara Para Pihak dalam Kebijakan Privasi ini, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah dengan itikad baik untuk mencapai mufakat. Apabila musyawarah mufakat tidak tercapai, maka Para Pihak sepakat memilih kedudukan hukum yang tetap dan seumumnya di [Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan] di Jakarta sebagai sarana penyelesaian perselisihan tersebut.

9.3 Dalam hal terjadi Force Majeure, Pihak yang mengalami peristiwa yang dikategorikan sebagai Force Majeure wajib memberikan pemberitahuan secara tertulis tentang hal tersebut kepada Pihak lainnya selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja terhitung sejak tanggal terjadinya Force Majeure tersebut, karenanya Para Pihak dengan ini menjadi tidak bertanggung jawab atas kelalaian atau keterlambatan pelaksanaan seluruh atau sebagian Syarat dan Ketentuan ini. Segala permasalahan yang timbul sebagai akibat dari terjadinya Force Majeure tersebut akan diselesaikan secara musyawarah oleh Para Pihak. Dalam hal Force Majeure berlanjut terus-menerus sampai dengan 30 (tiga puluh) Hari Kerja, maka pihak yang tidak mengalami Force Majeure dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini.

9.4 Kebijakan Privasi ini ditampilkan dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk mematuhi Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tertanggal 9 Juli 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan (“UU No. 24”), Para Pihak setuju versi Bahasa Indonesia dari Kebijakan Privasi ini akan dianggap sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan versi Bahasa Inggris. Dalam hal suatu kerancuan, keraguan atau inkonsistensi timbul antara teks Bahasa Inggris dan teks Bahasa Indonesia, atau jika terdapat perselisihan sehubungan dengan makna atau interpretasi dari Kebijakan Privasi tertentu, Para Pihak dengan ini setuju bahwa versi Bahasa Inggris akan dianggap dengan sendirinya diubah untuk menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia. Setiap Pihak selanjutnya setuju bahwa tidak ada Pihak yang akan dengan cara atau forum apapun, atau dalam yurisdiksi manapun, membantah keabsahan, atau mengajukan keberatan terhadap, Kebijakan Privasi ini atas dasar ketidakpatuhan terhadap UU No. 24.

9.5 Segala korespondensi, pemberitahuan dan komunikasi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini wajib disampaikan ke alamat berikut:

(a) Penyedia:

PT Kreigan Sentral Teknologi
Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F
Jl. Letjend S. Parman Kav. 22-24
RT 001 / RW 004
Kel. Pamerah
Kec. Palmerah
Kota Administrasi Jakarta Barat
DKI Jakarta
Email: support@flick.id

(b) Pengguna: akan dikirimkan ke alamat email sebagaimana tercantum saat registrasi akun atau media komunikasi lainnya (sebagaimana sesuai).

Payment Gateway

Syarat dan Ketentuan Produk Payment Gateway ini telah disepakati pada tanggal di mana persetujuan Pengguna diberikan secara elektronik dan diperbaharui tanggal [●] 2019, oleh Para Pihak berikut ini:

Antara:

  • PT Kreigan Sentral Teknologi, sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum dan berdomisili di negara Republik Indonesia (selanjutnya disebut sebagai “Penyedia”); dan
  • Anda sebagai pengguna layanan dan/atau produk dari Penyedia (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”),

masing-masing Penyedia dan Pengguna disebut sebagai “Pihak” dan bersama-sama, “Para Pihak.”

Para Pihak terlebih dahulu menerangkan dan menyepakati Konsiderans berikut ini, yaitu bahwa:

  • Penyedia merupakan pengelola dan/atau penyedia berbagai layanan dan/atau produk berbasis digital untuk keperluan kegiatan komersial yang tersedia di situs yang dimiliki dan dikelola oleh Penyedia yaitu ( dan Pengguna dengan ini menyatakan telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini sebelum menggunakan berbagai layanan dan produk yang ditawarkan oleh Penyedia.
  • Penyedia atas kebijaksanaannya sendiri yang mutlak, berhak untuk mengamendemen, mengubah atau menambahkan Syarat dan Ketentuan setiap saat (dengan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia) untuk jumlah yang tidak terbatas dan tanpa batasan untuk menampilkan versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan ini yang telah diamendemen, diubah atau ditambahkan ([https://www.[Flick].com/syarat-dan-ketentuan-payment-gateway]) (“Perubahan Syarat dan Ketentuan”).
  • kepada Pengguna melalui media komunikasi yang telah disepakati dalam Syarat dan Ketentuan ini sebelum tanggal efektif Perubahan Syarat dan Ketentuan (“Pemberitahuan Perubahan”).
  • Sejak Pengguna menerima Pemberitahuan Perubahan, dan dalam Periode Pemberitahuan, Pengguna berhak untuk mengakhiri Perjanjian Penggunaan Produk dengan Penyedia dengan mengirimkan pemberitahuan tertulis kepada Penyedia dengan maksud untuk mengakhiri (“Pemberitahuan Pengakhiran”). Setelah berakhirnya Periode Pemberitahuan dan Penyedia tidak menerima Pemberitahuan Pengakhiran, Pengguna dengan ini setuju untuk menerima dan terikat dengan Perubahan Syarat dan Ketentuan. Setiap Perubahan Syarat dan Ketentuan akan dianggap sebagai pernyataan kembali atas seluruh Syarat dan Ketentuan dan akan menggantikan seluruh versi terdahulu.

Para Pihak dengan ini menyepakati hal-hal sebagai berikut:

1. Definisi dan interpretasi

Untuk tujuan Syarat dan Ketentuan ini, kecuali apabila konteksnya bermaksud lain, istilah-istilah yang didefinisikan memiliki arti sebagaimana berikut:

Afiliasi” berarti (a) hubungan antara Penyedia dengan pegawai, direktur atau komisaris Penyedia; (b) hubungan antara Penyedia dengan perusahaan lain di mana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama; (c) hubungan antara perusahaan dengan Penyedia, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut; (d) hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh Penyedia; atau (e) hubungan antara Penyedia dan pemegang saham utama.

Bank”berarti badan hukum yang bergerak di bidang perbankan dan didirikan berdasarkan hukum Indonesia, yang dalam hal ini memiliki fungsi sebagai penyedia jasa sarana layanan pembayaran.

Biaya Transaksi Pembayaran” berarti biaya yang wajib dibayar oleh Pengguna kepada Penyedia untuk setiap Transaksi Pembayaran yang berhasil dilakukan melalui Sistem Pembayaran.

Dompet Elektronik” berarti layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran.

Hari Kerja”berarti hari selain Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, di mana bank-bank di Indonesia buka dan operasional untuk kegiatan sehari-hari.

Informasi Rahasia” berarti setiap data dan/atau informasi, secara lisan atau tertulis, yang dianggap sebagai rahasia yang berhubungan dengan salah satu Pihak (atau jika salah satu Pihak terikat untuk melindungi kerahasiaan dari informasi milik pihak ketiga, maka data atau informasi yang dimaksud merupakan milik pihak ketiga tersebut) riset atau kegiatan pengembangan termasuk produk dan jasa yang tidak diumumkan, setiap informasi terkait dengan pengembangan, Dokumentasi Layanan (dalam bentuk atau media apapun yang disediakan), penemuan, proses, rencana, informasi finansial atau informasi uji tuntas, data pribadi dan informasi Pelanggan yang dapat diidentifikasi, dan persyaratan keuangan dari Perjanjian Penggunaan Produk yang ada di masa lalu, sekarang, atau masa depan. Terlepas dari ketentuan di atas, suatu informasi tidak akan dianggap sebagai suatu Informasi Rahasia jika: (i) telah diketahui pihak yang menerima sebelum Tanggal Berlaku dari Perjanjian Penggunaan Produk, sebagaimana ternyata oleh suatu bukti yang terdokumentasi; (ii) sedang atau telah memasuki ranah publik tanpa melalui pelanggaran atas Perjanjian Penggunaan Produk atau tindakan tanpa hak lain dari pihak yang menerima; (iii) telah diterima dengan sah oleh pihak yang menerima dari pihak ketiga dan tanpa melanggar kewajiban dari kerahasiaan atas pihak ketiga tersebut kepada pemilik Informasi Rahasia (iv) telah disetujui untuk diumumkan melalui pemberian otorisasi secara tertulis dari pemilik Informasi Rahasia; atau, (v) telah dikembangkan secara independen oleh suatu pihak tanpa pelanggaran terhadap ketentuan kerahasiaan yang berlaku secara wajar atas Informasi Rahasia pihak lain.

Jam Layanan” berarti jam-jam di mana Penyedia dapat secara aktif memberikan layanan yaitu jam [●] sampai dengan jam [●] Waktu Indonesia Barat pada setiap [Hari Kerja].

Kartu Pembayaran,” yang selanjutnya disebut “Kartu,” berarti alat pembayaran berupa kartu kredit, kartu automated teller machine (ATM) dan/atau kartu debet.

Layanan Payment Gateway” berarti layanan Penyedia berupa penyediaan dan pengelolaan Sistem Pembayaran yang digunakan oleh Pengguna.

Pelanggan” berarti subjek hukum yang melakukan transaksi untuk menggunakan dan/atau membeli jasa atau produk yang ditawarkan oleh Pengguna pada situs atau platform seluler yang dikelolanya.

Rekening Pengguna” berarti rekening Bank milik Pengguna yang didaftarkan oleh Pengguna untuk menerima hasil pencairan dana Transaksi Pembayaran melalui Sistem Pembayaran.

Rekening Virtual” berarti layanan transaksi internet yang disediakan oleh Bank, di mana Pelanggan dapat melakukan transfer ke nomor rekening identitas unik yang dimiliki oleh Pengguna, melalui jaringan Bank atau jaringan elektronik institusi keuangan lain.

Sistem Pembayaran” berarti sistem pembayaran yang dimiliki dan dikelola oleh Penyedia, yang memungkinkan Transaksi Pembayaran untuk dilakukan oleh Pelanggan dari [Rekening Virtual, Kartu, Toko Ritel, atau Dompet Elektronik][1]untuk diterima oleh Penyedia atas nama Pengguna yang akan diteruskan/dicairkan kepada rekening Pengguna.

Transaksi Pembayaran” berarti transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan terkait penggunaan atau pembelian jasa dan/atau produk di situs atau aplikasi Pengguna, melalui Sistem Pembayaran.

Toko Ritel” berarti toko-toko ritel mitra dari Penyedia yang dapat menerima pembayaran yang akan diteruskan ke Sistem Pembayaran.

2. Biaya Transaksi Pembayaran dan Pencairan Dana

2.1 Pengguna Layanan Payment Gateway wajib melakukan pembayaran Biaya Transaksi Pembayaran.

2.2 Kecuali disepakati lain secara khusus antara Para Pihak, besaran biaya Layanan Payment Gateway ialah sebagai berikut:

(a) [mohon dimasukkan]

(b) [mohon dimasukkan]

2.3 Prosedur pencairan dana dan pembayaran Biaya Transaksi Pembayaran dan/atau tagihan lainnya diatur sebagai berikut:

(a) Penyedia akan menyimpan dana nilai Transaksi Pembayaran yang berhasil di rekening Penyedia paling lama [7 (tujuh)] Hari Kerja setelah tanggal Transaksi Pembayaran berhasil.

(b) Setelah jangka waktu yang dimaksud berakhir, Pengguna dapat melakukan permohonan pencairan dana nilai Transaksi Pembayaran melalui portal situs tersendiri yang disediakan oleh Penyedia kepada Pengguna.

(c) Penyedia akan melakukan proses transfer dana Transaksi Pembayaran, setelah dipotong Biaya Transaksi Pembayaran ke rekening Pengguna di Hari Kerja yang sama, sesuai Jam Layanan. Setiap permintaan pencairan yang dilakukan di luar Jam Layanan akan diproses Hari Kerja berikutnya.

(d) Pencairan dana Transaksi Pembayaran setelah dipotong Biaya Transaksi Pembayaran akan dilakukan ke Rekening Pengguna.

3. Layanan Penerimaan

Setiap penerimaan dana melalui Sistem Pembayaran akan mengikuti ketentuan berikut ini:

3.1 Pengguna menetapkan pilihannya untuk menerima Transaksi Pembayaran dengan Kartu, Rekening Virtual, atau Toko Ritel atau Dompet Elektronik, melalui fitur yang tersedia.

3.2 Pengguna harus membuat tagihan melalui fitur yang tersedia untuk setiap Transaksi Pembayaran, yang kemudian penerimaan dana hasil Transaksi Pembayaran dilakukan oleh Penyedia atas nama Pengguna.

3.3 Setiap tagihan yang dibuat oleh Pengguna akan kadaluwarsa setelah jangka waktu tertentu yang ditetapkan oleh Pengguna sesuai fitur yang ada.

3.4 Rekapitulasi data Transaksi Pembayaran dapat diakses oleh Pengguna melalui fitur yang tersedia secara real time.

3.5 Apabila Pengguna memilih untuk menggunakan layanan penerimaan Transaksi Pembayaran melalui jalur pembayaran yang dikelola oleh Toko Ritel, Pengguna setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan Toko Ritel (termasuk, namun tidak terbatas pada, batasan atau perubahan pada jam di mana pembayaran dapat diterima melalui jalur pembayaran yang dikelola oleh Toko Ritel) dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut akan menjadi Lampiran dokumen ini sebagai referensi.

3.6 Penggunaan Rekening Virtual sebagai metode penerimaan Transaksi Pembayaran dapat terkategori sebagai salah satu hal berikut:

(a) Rekening Virtual tidak tetap, yaitu Rekening Virtual yang tidak bersifat permanen. Setiap Rekening Virtual tidak tetap dapat digunakan untuk transaksi individual sekali selesai, namun akan tetap tersedia dan mungkin digunakan kembali untuk Transaksi Pembayaran lain; atau

(b) Rekening Virtual tetap, yang merupakan Rekening Virtual dengan nomor rekening unik permanen ke seorang Pelanggan. Rekening Virtual tetap tersebut harus digunakan untuk semua Transaksi Pembayaran dengan Pelanggan tertentu tersebut sampai dengan Pengguna memilih untuk menutup Rekening Virtual tetap tersebut.

3.7 Apabila Transaksi Pembayaran dilakukan dengan transfer ke Rekening Pengguna sesuai fitur yang ada (dengan kode unik), Penyedia akan mendeteksi pembayaran tersebut sebagai berikut:

(a) [(dalam hal pembayaran dilakukan dalam Jam Layanan) paling lambat tiga puluh (30) menit sejak pembayaran tersebut dilakukan]; dan

(b) [(dalam hal pembayaran dilakukan setelah Jam Layanan) selambat-lambatnya pada Hari Kerja berikutnya setelah pembayaran dilakukan],

Penyedia maupun Afiliasinya tidak akan pernah dianggap melanggar ketentuan pendeteksian tersebut baik karena kesalahan, kegagalan, keterlambatan, kerusakan, penundaan atau kejadian lain yang timbul di luar kendali Penyedia atau Afiliasinya (termasuk, namun tidak terbatas pada, kegagalan teknis atau infrastruktur atau kegagalan dalam sistem transmisi perbankan dan keuangan).

3.8 Layanan pemrosesan Kartu akan dilakukan oleh Penyedia yang mana Penyedia akan bertindak sebagai aggregator. Pengguna dapat menikmati layanan pemrosesan Kartu menggunakan akun unik (“Akun Unik”) Penyedia dengan Bank mitra penerima yang ditunjuk. Semua pengelola pihak ketiga dan lembaga perbankan yang berwenang di hulu dari setiap transaksi yang diproses dengan Akun Unik akan mengidentifikasi transaksi tersebut sebagai transaksi milik Penyedia, dan selanjutnya setiap dan semua dana dari transaksi tersebut akan disimpan sebagai saldo Pengguna.

3.9 Seluruh nilai dari Transaksi Pembayaran, baik melalui Kartu, Rekening Virtual atau jalur pembayaran dari Toko Ritel atau Dompet Elektronik, akan ditambahkan ke saldo dari Pengguna oleh Penyedia yang dapat dicairkan kemudian sesuai Pasal 2.

3.10 Penyedia menjamin bahwa, Penyedia tidak memiliki hak atas dana yang diterima atas nama Pengguna dari Transaksi Pembayaran kecuali atas Biaya Transaksi Pembayaran dan ongkos dan biaya wajar lainnya yang dapat ditetapkan oleh Penyedia dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan sebelumnya.

3.11 Pengguna setuju untuk tunduk pada syarat dan ketentuan dari Bank(-bank) mitra dari Penyedia dan semua persyaratan dan ketentuan tersebut menjadi bagian dokumen ini sebagai referensi.

3.12 Pengguna mengakui, menyetujui dan berjanji bahwa, ketika menerima pembayaran melalui Kartu, dirinya akan mematuhi semua pedoman, aturan yang diberlakukan oleh semua bank, lembaga jasa keuangan, jaringan pembayaran, atau lembaga keuangan intermediasi lainnya yang mengoperasikan jaringan pembayaran yang didukung oleh Penyedia (termasuk peraturan pengoperasian jaringan kartu pembayaran untuk jaringan [Visa, MasterCard, JCB, American Express, dan jaringan UnionPay].

3.13 Pengguna akan bertanggung jawab kepada Penyedia untuk segala tagihan balik, pengembalian dana, pembalikan dana kepada Pelanggan atau lainnya tanpa memperhatikan alasan atau waktunya.

3.14 Penyedia tidak berkewajiban untuk membantu Pengguna dalam sengketa atas klaim apapun yang diajukan oleh Pelanggan atau pihak lain sehubungan dengan tagihan balik atau pembalikan dana.

3.15 Dalam hal Penyedia mewajibkan dilakukannya verifikasi atas transaksi yang berkaitan dengan Pengguna, Pengguna setuju dan berjanji untuk menyediakan semua informasi dan dokumen yang relevan dalam waktu tujuh (7) Hari Kerja sejak Penyedia meminta. Pengguna selanjutnya menyetujui dan berjanji akan membantu Penyedia mendapatkan informasi dan dokumen tersebut dan tidak akan menghalangi, mengganggu, atau menghambat Penyedia dalam memperoleh informasi dan dokumen tersebut.

4. Penanganan Penipuan

4.1 Penyedia berhak menahan pencairan dana kepada Pengguna dalam hal terdapat kecurigaan dari Penyedia/Bank/mitra keuangan lainnya atas adanya penipuan (fraud) yang dilakukan oleh Pengguna.

4.2 Dalam hal terdapat kecurigaan tersebut, maka Pengguna wajib untuk memberikan dokumen-dokumen yang dapat membuktikan bahwa Pengguna tidak melakukan penipuan (fraud). Dalam hal Penyedia/Bank/mitra keuangan lainnya masih mencurigai terdapat kemungkinan penipuan oleh Pengguna, maka Penyedia berhak untuk melakukan pengembalian dana atas seluruh Transaksi Pembayaran yang telah dilakukan dan Penyedia dapat melakukan tindakan hukum apapun termasuk pengakhiran Syarat dan Ketentuan sesuai Pasal 8.

5. Lisensi dan Kekayaan Intelektual

5.1 Penyedia dengan ini memberikan Lisensi bebas royalti yang tidak terbatas, tidak eksklusif, serta tidak dapat dipindahtangankan kepada Pengguna untuk menggunakan merk dagang Penyedia (“Merk”) untuk tujuan promosi. Pengguna, atas permintaan tertulis dari Penyedia, akan segera menghentikan penggunaan Merk yang dianggap oleh Penyedia telah disalahgunakan. Tanpa mengesampingkan ketentuan apapun dalam Ketentuan ini, maka lisensi tersebut akan dicabut seketika dan secara otomatis setelah pengakhiran Syarat dan Ketentuan sesuai Pasal 8. Pengguna tidak akan menambahkan, menghapus, atau memodifikasi Merk tanpa persetujuan tertulis dari Penyedia.

5.2 Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa kecuali atas hak dan lisensi yang secara tegas diberikan kepada Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan ini, Penyedia ialah pemilik tunggal dan absolut atas Merk.

6. Janji-janji dan Jaminan Pengguna

6.1 Pengguna dengan ini berjanji untuk senantiasa mematuhi segala syarat dan ketentuan yang berlaku dan diberlakukan oleh Penyedia dari waktu ke waktu, dan untuk tunduk pada hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal berikut ini:

(a) kewajiban kerahasiaan terkait data pribadi Pelanggan dan Informasi Rahasia lainnya;

(b) hukum terkait kegiatan yang dilarang termasuk terkait jasa dan/atau produk yang ditawarkan kepada Pelanggan;

(c) mendapatkan perizinan yang memadai terkait kegiatan usahanya yang menggunakan Layanan Payment Gateway;

(d) hukum tentang anti korupsi, anti pencucian uang dan anti pendanaan terorisme yang berlaku.

6.2 Pengguna dengan ini berjanji tidak akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

(a) melakukan upaya pemecahan kode (reverse engineering) terhadap Sistem Pembayaran; atau

(b) melakukan hal-hal yang mengakibatkan kerusakan terhadap Sistem Pembayaran dengan sengaja.

6.3 Pengguna menjamin bahwa Pihak yang melakukan pendaftaran sebagai Pengguna adalah pihak yang cakap dan berwenang atau wakil yang sah dalam mengikatkan dirinya atau usahanya (baik badan hukum maupun bukan badan hukum).

6.4 Pengguna menjamin bahwa seluruh informasi dan dokumen yang diberikan kepada Penyedia adalah merupakan informasi dan dokumen resmi, asli, sah, masih berlaku dan setiap informasi yang tercantum dalam dokumen tersebut adalah benar, sesuai dengan keadaan sebenarnya dan bukan merupakan rekayasa maupun tipu muslihat atau kebohongan serta sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku.

6.5 Pengguna dengan ini membebaskan dan melepaskan, dan akan Penyedia dari segala tuntutan, klaim, gugatan, permohonan dari pihak manapun atas segala bentuk ganti rugi dan tanggung jawab atau apapun yang serupa dengan hal tersebut, baik secara materiil atau immateriil, baik melalui forum resmi atau forum tidak resmi, atas segala hal yang disebabkan oleh pelanggaran Pengguna atas Syarat dan Ketentuan ini.

6.6 Penyedia berhak setiap saat sewaktu-waktu menghentikan sementara atau permanen Layanan Payment Gateway terhadap Pengguna apabila dicurigai telah terjadi pelanggaran Syarat dan Ketentuan khususnya Pasal 6 ini oleh Pengguna.

7. Penghentian Sementara Layanan Sistem Pembayaran

7.1 Penyedia dapat setiap saat sewaktu-waktu menghentikan/mematikan sementara Sistem Pembayaran dengan pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, yang disebabkan oleh:

(a) inspeksi, perbaikan, pemeliharaan atau peningkatan sistem;

(b) adanya alasan tertentu berupa melindungi hak-hak dan/atau kepentingan Para Pihak; atau

(c) alasan jelas lain yang ditentukan oleh Penyedia atau Bank.

7.2 Penyedia akan memberitahu Pengguna secara tertulis apabila terdapat gangguan terhadap Sistem Pembayaran akibat kegagalan sistem, jaringan, koneksi internet atau alasan lainnya, serta informasi lanjutan apabila gangguan tersebut telah selesai.

8. Jangka Waktu dan Pengakhiran

8.1 Syarat dan Ketentuan ini berlaku terus menerus sejak persetujuan diberikan secara elektronik oleh Pengguna sampai dengan salah satu Pihak mengakhirinya.

8.2 Masing-masing Pihak berhak untuk sewaktu-waktu mengakhiri Perjanjian ini apabila terjadi salah satu dari hal-hal sebagai berikut:

(a) Sebagaimana diatur dalam konsiderans di bagian awal Syarat dan Ketentuan terkait perubahan Syarat dan Ketentuan;

(b) Tidak ada Transaksi Pembayaran yang terjadi pada situs atau aplikasi Pengguna dalam 2 (dua) bulan pertama sejak Pengguna menggunakan Layanan Payment Gateway;

(c) Salah satu Pihak melanggar salah satu ketentuan di Syarat dan Ketentuan ini, dan pelanggaran tersebut tidak dapat diperbaiki;

(d) Salah satu Pihak melanggar salah satu ketentuan di Syarat dan Ketentuan ini, dan pelanggaran tersebut dapat diperbaiki, namun Pihak yang melanggar tidak mampu memperbaiki pelanggaran tersebut dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja sejak tanggal terjadinya pelanggaran tersebut; atau

(e) Salah satu Pihak pailit, menghentikan layanan serta kegiatan operasionalnya dan izin usahanya dicabut baik sebagian atau secara keseluruhan, memenuhi ketentuan Force Majeure, dan oleh karena itu tidak mampu melanjutkan kegiatan usahanya;

8.3 Pengakhiran Perjanjian ini tidak melepaskan masing-masing Pihak dari kewajibannya yang timbul sebelum dan/atau pada saat pengakhiran Perjanjian ini. Para Pihak wajib menyelesaikan kewajiban dimaksud dalam jangka waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja setelah tanggal efektif berakhirnya Perjanjian ini.

8.4 Dalam pelaksanaan pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini, Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan ketentuan yang tercantum di dalam Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

9. Lain-lain

9.1 Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

9.2 Apabila dalam pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini terjadi perbedaan pendapat dan/atau penafsiran maupun terjadi perselisihan di antara Para Pihak dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah dengan itikad baik untuk mencapai mufakat. Apabila musyawarah mufakat tidak tercapai, maka Para Pihak sepakat memilih kedudukan hukum yang tetap dan seumumnya di [Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan] di Jakarta sebagai sarana penyelesaian perselisihan tersebut.

9.3 Dalam hal terjadi Force Majeure, Pihak yang mengalami peristiwa yang dikategorikan sebagai Force Majeure wajib memberikan pemberitahuan secara tertulis tentang hal tersebut kepada Pihak lainnya selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja terhitung sejak tanggal terjadinyaForce Majeure tersebut, karenanya Para Pihak dengan ini menjadi tidak bertanggung jawab atas kelalaian atau keterlambatan pelaksanaan seluruh atau sebagian Syarat dan Ketentuan ini. Segala permasalahan yang timbul sebagai akibat dari terjadinya Force Majeure tersebut akan diselesaikan secara musyawarah oleh Para Pihak. Dalam hal Force Majeure berlanjut terus-menerus sampai dengan 30 (tiga puluh) Hari Kerja, maka pihak yang tidak mengalami Force Majeure dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini.

9.4 Syarat dan Ketentuan ini ditampilkan dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk mematuhi Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tertanggal 9 Juli 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan (“UU No. 24”), Para Pihak setuju versi Bahasa Indonesia dari Syarat dan Ketentuan ini akan dianggap sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan versi Bahasa Inggris. Dalam hal suatu kerancuan, keraguan atau inkonsistensi timbul antara teks Bahasa Inggris dan teks Bahasa Indonesia, atau jika terdapat perselisihan sehubungan dengan makna atau interpretasi dari Syarat dan Ketentuan tertentu, . Setiap Pihak selanjutnya setuju bahwa tidak ada Pihak yang akan dengan cara atau forum apapun, atau dalam yurisdiksi manapun, membantah keabsahan, atau mengajukan keberatan terhadap, Syarat dan Ketentuan ini atas dasar ketidakpatuhan terhadap UU No. 24.

9.5 Segala korespondensi, pemberitahuan dan komunikasi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini wajib disampaikan ke alamat berikut:

(a) Penyedia:

PT Kreigan Sentral Teknologi
Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F
Jl. Letjend S. Parman Kav. 22-24
RT 001 / RW 004
Kel. Pamerah
Kec. Palmerah
Kota Administrasi Jakarta Barat
DKI Jakarta
Email: support@flick.id

(b) Pengguna: akan dikirimkan ke alamat email sebagaimana tercantum saat registrasi akun atau media komunikasi lainnya (sebagaimana sesuai).

FlickShop

Syarat dan Ketentuan Produk E-Money ini berlaku mengikat terhadap Anda sebagai pengguna layanan dan/atau produk dari Penyedia (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”) yang mengakses dan/atau menggunakan fitur dan/atau layanan yang tersedia di aplikasi dan/atau situs web [“FlickShop”] yang diterbitkan, dimiliki dan/atau dikelola oleh PT Kreigan Sentral Teknologi, sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum dan berdomisili di negara Republik Indonesia (“Penyedia”).

Masing-masing Penyedia dan Pengguna disebut sebagai “Pihak” dan bersama-sama, “Para Pihak.”

Para Pihak terlebih dahulu menerangkan dan menyepakati Konsiderans berikut ini, yaitu bahwa:

  • Penyedia merupakan pengelola dan/atau penyedia berbagai layanan dan/atau produk berbasis digital untuk keperluan kegiatan komersial yang tersedia di situs dan aplikasi yang dimiliki dan dikelola oleh Penyedia yang secara lengkap terdapat pada https://www.flick.id – dan Pengguna dengan ini menyatakan telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini dan juga syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku terkait setiap produk dan/atau layanan, termasuk namun tidak terbatas pada kebijakan privasi (yang seluruhnya dapat diakses pada [https://www.flick.id/terms-and-conditions] sebelum menggunakan berbagai layanan dan produk yang ditawarkan oleh Penyedia.
  • Penyedia atas kebijaksanaannya sendiri yang mutlak, berhak untuk mengamendemen, mengubah atau menambahkan Syarat dan Ketentuan setiap saat (dengan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia) untuk jumlah yang tidak terbatas dan tanpa batasan untuk menampilkan versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan ini yang telah diamendemen, diubah atau ditambahkan ([https://www.flick.id/syarat-dan-ketentuan-e-money]) (“Perubahan Syarat dan Ketentuan”).
  • Perubahan Syarat dan Ketentuan berlaku efektif setelah pengumuman akan perubahan tersebut ditampilkan [dua (2)] hari kalender pada situs Penyedia. Pengguna dengan ini setuju untuk menerima dan terikat dengan setiap Perubahan Syarat dan Ketentuan tersebut. Setiap Perubahan Syarat dan Ketentuan akan dianggap sebagai pernyataan kembali atas seluruh Syarat dan Ketentuan dan akan menggantikan seluruh versi terdahulu. Jika Pengguna keberatan dengan Perubahan Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna harus berhenti mengakses atau menggunakan layanan dan/atau fitur Aplikasi.

Para Pihak dengan ini menyepakati hal-hal sebagai berikut:

1. Definisi dan interpretasi

Untuk tujuan Syarat dan Ketentuan ini, kecuali apabila konteksnya bermaksud lain, istilah-istilah yang didefinisikan memiliki arti sebagaimana berikut:

Afiliasi” berarti (a) hubungan antara Penyedia dengan pegawai, direktur atau komisaris Penyedia; (b) hubungan antara Penyedia dengan perusahaan lain di mana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama; (c) hubungan antara perusahaan dengan Penyedia, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut; (d) hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh Penyedia; atau (e) hubungan antara Penyedia dan pemegang saham utama.

Aplikasi” berarti aplikasi rekening bersama bernama FlickShop yang dimiliki dan dikelola oleh Penyedia terkait penerbitan dan penyelenggaraan Uang Elektronik.

Bank”berarti badan hukum yang bergerak di bidang perbankan dan didirikan berdasarkan hukum Indonesia.

Hari Kerja”berarti hari selain Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, di mana Bank buka dan operasional untuk kegiatan sehari-hari.

Invoice” memiliki arti sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.2.

Kurir” berarti mitra Penyedia yang merupakan perusahaan ekspedisi yang telah disediakan pada Layanan FlickShop.

Layanan FlickShop” berarti layanan rekening bersama yang disediakan oleh Penyedia pada Aplikasi, yaitu suatu rekening yang dapat digunakan secara bersama oleh Penjual dan Pembeli untuk menampung sementara dana transaksi perdagangan Produk antara Penjual dan Pembeli yang dibayarkan oleh Pembeli, dan akan diteruskan kepada Penjual setelah konfirmasi bahwa Produk telah selesai diterima dengan baik oleh Pembeli.

Penjual” berarti Pengguna yang bertindak sebagai penyedia Produk yang ditawarkan kepada Pembeli.

Pembeli” berarti Pengguna yang memesan dan/atau membeli Produk yang ditawarkan oleh Penjual.

Produk” berarti setiap barang dan/atau jasa yang menjadi objek transaksi antara Penjual dan Pembeli.

Rekening Bersama” berarti rekening yang digunakan untuk menampung sementara dana pada Layanan FlickShop.

Rilis Dana” memiliki arti sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3.8.

Transaksi FlickShop” berarti setiap transaksi pembayaran menggunakan Layanan FlickShop.

2. Registrasi

2.1 Pengguna wajib melakukan registrasi untuk mendapatkan akun pribadi dengan mengikuti langkah-langkah dalam link berikut ini [insert link].

2.2 Registrasi akun pada Aplikasi hanya dapat dilakukan oleh Pengguna sendiri sebagai subjek hukum. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa registrasi akun Aplikasi ditujukan untuk kepentingan Pengguna sendiri, bukan untuk kepentingan pihak lainnya manapun, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun. Penyedia berhak menolak registrasi yang dilakukan untuk kepentingan pihak manapun selain Pengguna sendiri, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.

2.3 Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah subjek hukum yang cakap dan/atau berwenang secara hukum, atau telah mendapatkan persetujuan dari wali atau pengampu, secara hukum untuk terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini.

3. Penggunaan Aplikasi dan Layanan FlickShop

3.1 Setiap Pengguna wajib login menggunakan akun yang didapatkan dari hasil registrasi untuk dapat mengakses dan menggunakan Layanan FlickShop.

3.2 Penjual wajib mengisi form invoice yang tersedia pada Aplikasi dengan mencantumkan, antara lain, rincian Produk yang akan ditransaksikan beserta jumlah yang harus di bayarkan oleh Pembeli sesuai dengan pesanan yang diterima dari Pembeli (“Invoice”). Rincian Produk yang akan ditransaksikan paling sedikit mencakup:

(a) nama Produk;

(b) jenis, tipe, kelas, kondisi, dan/atau spesifikasi Produk;

(c) foto Produk;

(d) kuantitas Produk yang dipesan;

(e) harga Produk sesuai kesepakatan antara Penjual dan Pembeli;

(f) rincian mengenai metode, biaya, alamat pengiriman dan penerimaan Produk[, serta estimasi waktu pengiriman dari sejak pembayaran melalui Layanan FlickShop oleh Pembeli dikonfirmasi oleh sistem Aplikasi];

3.3 Aplikasi akan meneruskan Invoice kepada Pembeli segera setelah Penjual melakukan submit atas Invoice, dan Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan dan rincian yang tertera dalam Invoice tersebut.

3.4 Pembeli wajib melakukan pembayaran selambat-lambatnya [1 × 24 jam] setelah pembeli menerima Invoice melalui transfer uang elektronik berupa saldo Flick yang diterbitkan oleh Penyedia ke suatu rekening bersama (“Rekening Bersama”) dengan rincian sebagaimana tertera pada Aplikasi setelah Invoice sebagaimana dimaksud dalam dikonfirmasi. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh pembeli, maka secara otomatis Transaksi FlickShop dibatalkan. Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tertagih dalam Invoice. Penyedia tidak bertanggungjawab atas kerugian yang dialami Pembeli apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada Invoice.

3.5 Aplikasi akan mengirimkan notifikasi kepada Penjual berisikan konfirmasi bahwa uang elektronik berupa saldo Flick dari Pembeli telah masuk ke dalam Rekening Bersama [segera setelah Pembeli menyelesaikan pembayaran.]

3.6 Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Produk dalam batas waktu 2 × 24 jam terhitung sejak notifikasi penerimaan pembayaran diterima dari sistem Aplikasi. Jika dalam batas waktu tersebut Penjual gagal memasukkan nomor resi pengiriman barang maka secara otomatis Transaksi FlickShop dibatalkan dan dana akan dikembalikan ke pembeli. Sampai pada saat di mana dana diterima di Rekening Bersama, Penjual disarankan untuk tidak mengirimkan barang kepada Pembeli, dan Penyedia tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang disebabkan oleh pengiriman yang dilakukan sebelum adanya konfirmasi dana masuk di Rekening Bersama.

3.7 Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Produk, setelah menerima kiriman Produk yang dibeli. Jika dalam batas waktu 2 × 24 jam setelah pengiriman berstatus “barang telah tiba di alamat Pembeli” tidak ada konfirmasi atau klaim dari Pembeli, maka Pembeli akan dianggap telah menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan barang secara otomatis oleh sistem Aplikasi.

3.8 Setelah adanya konfirmasi penerimaan Produk baik diinput secara manual oleh Pembeli maupun secara otomatis karena lewatnya batas waktu konfirmasi penerimaan, maka dana Pembeli yang dikirimkan ke Rekening Bersama akan diteruskan ke Penjual dan Transaksi FlickShop dianggap telah selesai (“Rilis Dana”).

4. Ketentuan Dana dalam Rekening Bersama dan Biaya Transaksi FlickShop

4.1 Rilis Dana akan diproses dalam kurun waktu paling lambat 2 × 24 jam pada Hari Kerja.

4.2 Apabila ada biaya tambahan administrasi terkait biaya transfer antar Bank, akan menjadi tanggungan dari Pengguna.

4.3 Setiap Transaksi FlickShop akan dikenakan biaya administratif oleh Penyedia yaitu sejumlah dari harga Produk yang dicantumkan Penjual dalam Invoice.

4.4 Dana yang tersimpan di dalam Rekening Bersama dapat ditahan oleh Penyedia sampai waktu yang tidak ditentukan apabila terdapat permasalahan dan klaim dari Pembeli terkait proses pengiriman dan/atau kesesuaian Produk dengan rincian dalam Invoice. Rilis Dana hanya akan dilaksanakan apabila permasalahan tersebut telah selesai berdasarkan hasil keputusan bersama akan hal tersebut dari Penjual dan Pembeli dan/atau Produk telah diterima dengan baik oleh Pembeli.

4.5 Penjual memahami dan menyetujui bahwa dana di Rekening Bersama akan dikembalikan ke Pembeli apabila Transaksi FlickShop dibatalkan dan/atau tidak berhasil.

4.6 Penjual memahami dan menyetujui bahwa Penjual sepenuhnya bertanggung jawab atas setiap pajak yang timbul dari Transaksi FlickShop dan penggunaan Layanan FlickShop, termasuk namun tidak terbatas pada pajak penghasilan yang akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

4.7 Pengembalian dana kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

(a) Pembeli sudah melakukan pembayaran, tetapi setelah batas waktu [2 × 24 jam] terhitung sejak adanya notifikasi bahwa Pembeli telah berhasil melakukan pembayaran, Penjual tidak mengirimkan barang dan memasukkan nomor resi pengiriman pada Aplikasi.

(b) Penyelesaian permasalahan berupa keputusan untuk mengembalikan dana kepada Pembeli berdasarkan hasil kesepakatan bersama dari Penjual dan Pembeli.

5. Pengiriman Produk

5.1 Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Produk adalah wewenang Kurir sepenuhnya.

5.2 Penjual wajib menggunakan jasa Kurir yang dipilih oleh Pembeli. Penggunaan jasa ekspedisi lainnya dapat mengakibatkan pembatalan Transaksi FlickShop atau keterlambatan dalam waktu Rilis Dana.

5.3 Penjual memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman barang antara estimasi yang tertera pada Aplikasi dengan kenyataan di lapangan adalah di luar tanggung jawab Penyedia dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman barang.

5.4 Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Kurir dan bertanggung jawab atas setiap barang yang dikirimkan.

5.5 Penjual dan pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.

5.6 Jika dalam hal diperlukan terjadi proses pengembalian barang dari pembeli, dan/atau sebaliknya dari penjual ke pembeli, maka baik penjual maupun pembeli diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing pembeli maupun penjual. Penyedia tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dalam kondisi apapun.

6. Pembatasan Tanggung Jawab Penyedia dan Penanganan Masalah

6.1 Dengan tidak mengesampingkan ketentuan lain yang berlaku dalam Syarat dan Ketentuan ini, Penyedia tidak bertanggung jawab, dan masing-masing Pembeli dan Penjual dengan ini melepaskan dan membebaskan Penyedia dari setiap tanggung jawab, tuntutan, klaim, gugatan, ganti rugi dan/atau permintaan lainnya sehubungan dengan segala kerugian yang diderita baik langsung atau tidak langsung, materiil atau immateriil oleh baik Pembeli dan/atau Penjual (sebagaimana relevan) atas (i) kesalahan, ketidakakuratan atau ketidakjelasan pencantuman informasi dalam Invoice yang disebabkan oleh kesengajaan maupun kelalaian dari Penjual; (ii) rincian nomor resi kurir pengiriman barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang disepakati; (iii) Penjual mengirimkan barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disepakati; (iv) adanya manipulasi Transaksi FlickShop oleh setiap Pengguna; (v) pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain selain Penyedia; dan/atau (vi) hal-hal lain yang terjadi sehubungan dengan Transaksi FlickShop yang tidak disebabkan kesalahan nyata dari Penyedia.

6.2 Penyedia tidak akan dan tidak berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan terkait Transaksi FlickShop yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian antara Penjual dan Pembeli.

6.3 Setiap Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah keterlambatan proses pembayaran, dan/atau Rilis Dana yang disebabkan oleh perbedaan Bank yang digunakan dengan Bank Rekening Bersama adalah tanggung jawab masing-masing Pengguna secara pribadi.

6.4 Penjual dan Pembeli (sebagaimana relevan) dengan ini berjanji untuk senantiasa mematuhi segala syarat dan ketentuan yang berlaku dan diberlakukan oleh Penyedia dari waktu ke waktu, dan untuk tunduk pada hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal berikut ini:

(a) kewajiban kerahasiaan terkait data pribadi Pembeli dan informasi rahasia lainnya;

(b) hukum terkait kegiatan yang dilarang termasuk terkait Produk yang ditawarkan kepada Pembeli;

(c) mendapatkan perizinan yang memadai terkait kegiatan usahanya yang menggunakan Layanan FlickShop; dan

(d) hukum tentang anti korupsi, anti pencucian uang dan anti pendanaan terorisme yang berlaku.

6.5 Dalam hal terjadi perselisihan antara Pengguna dengan pihak manapun, Penyedia tidak bertanggung jawab untuk melibatkan diri dalam perselisihan tersebut dan Pengguna dengan ini membebaskan Penyedia, karyawannya, petugasnya dan agennya dari setiap tuntutan dan kerugian yang timbul dalam bentuk apapun sehubungan dengan Layanan FlickShop.

6.6 Dalam hal terjadi perselisihan/pertentangan antara Penjual dan Pembeli, Penyedia menyarankan agar Pembeli dan Penjual melakukan komunikasi dan diskusi pada forum yang tersedia dalam Aplikasi sampai menemukan solusi yang disepakati bersama. Sampai dengan Pembeli dan Penjual menemui kesepakatan, dana akan terus ditahan dalam Rekening Bersama.

6.7 Transaksi FlickShop yang sudah berhasil dan selesai di mana Rilis Dana telah dilaksanakan kepada Penjual sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini maka segala hal yang berkaitan dengan transaksi tersebut sudah tidak lagi menjadi tanggung jawab dari Penyedia.

7. Penghentian Layanan FlickShop

7.1 Penyedia dapat menghentikan layanan apapun pada Aplikasi untuk sementara waktu atau secara permanen jika:

(a) untuk menghindari segala bentuk penyalahgunaan atas akun Pengguna;

(b) dokumen atau informasi yang diterima oleh Penyedia dari Pengguna ialah tidak akurat, tidak sah dan/atau tidak lengkap;

(c) menurut pertimbangan Penyedia, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Penyedia atau Pengguna atau pihak ketiga lainnya;

(d) perintah dari institusi berwenang;

(e) terdapat pola transaksi mencurigakan yang berpotensi menyalahi Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku;

(f) akun Aplikasi tidak digunakan selama [6 (enam)] bulan berturut-turut; atau

(g) inspeksi, perbaikan, pemeliharaan atau peningkatan sistem (Penyedia akan memberitahu Pengguna secara tertulis apabila terdapat gangguan terhadap Aplikasi akibat kegagalan sistem, jaringan, koneksi internet atau alasan lainnya, serta informasi lanjutan apabila gangguan tersebut telah selesai);

(h) alasan jelas lain yang ditentukan oleh Penyedia.

7.2 Penghentian layanan dapat diangkat apabila terdapat bukti-bukti, verifikasi dan/atau otorisasi yang dapat meyakinkan Penyedia bahwa peristiwa dan/atau keadaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7.1 tidak lagi terjadi atau berlanjut.

8. Data pribadi

8.1 Pengguna dengan ini menyadari dan setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data termasuk data pribadi yang disampaikan kepada Penyedia, termasuk oleh, kepada dan/atau melalui Aplikasi, Afiliasi dan/atau Mitra Resmi, dan data yang Penyedia kumpulkan sehubungan dengan penyediaan layanan kepada Pengguna, tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam pada Penyedia (“Kebijakan Privasi Penyedia”).

8.2 Penyedia tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Pengguna kepada pihak manapun, kecuali sebagaimana yang diizinkan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi Penyedia.

9. Lain-lain

9.1 Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

9.2 Apabila dalam pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini terjadi perbedaan pendapat dan/atau penafsiran maupun terjadi perselisihan di antara Para Pihak dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah dengan itikad baik untuk mencapai mufakat. Apabila musyawarah mufakat tidak tercapai, maka Para Pihak sepakat memilih kedudukan hukum yang tetap dan seumumnya di [Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan] di Jakarta sebagai sarana penyelesaian perselisihan tersebut.

9.3 Dalam hal terjadi Force Majeure, Pihak yang mengalami peristiwa yang dikategorikan sebagai Force Majeure wajib memberikan pemberitahuan secara tertulis tentang hal tersebut kepada Pihak lainnya selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja terhitung sejak tanggal terjadinya Force Majeure tersebut, karenanya Para Pihak dengan ini menjadi tidak bertanggung jawab atas kelalaian atau keterlambatan pelaksanaan seluruh atau sebagian Syarat dan Ketentuan ini. Segala permasalahan yang timbul sebagai akibat dari terjadinya Force Majeure tersebut akan diselesaikan secara musyawarah oleh Para Pihak. Dalam hal Force Majeure berlanjut terus-menerus sampai dengan 30 (tiga puluh) Hari Kerja, maka pihak yang tidak mengalami Force Majeure dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini.

9.4 Syarat dan Ketentuan ini ditampilkan dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk mematuhi Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tertanggal 9 Juli 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan (“UU No. 24”), Para Pihak setuju versi Bahasa Indonesia dari Syarat dan Ketentuan ini akan dianggap sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan versi Bahasa Inggris. Dalam hal suatu kerancuan, keraguan atau inkonsistensi timbul antara teks Bahasa Inggris dan teks Bahasa Indonesia, atau jika terdapat perselisihan sehubungan dengan makna atau interpretasi dari Syarat dan Ketentuan tertentu, Para Pihak dengan ini setuju bahwa versi Bahasa Inggris akan dianggap dengan sendirinya diubah untuk menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia. Setiap Pihak selanjutnya setuju bahwa tidak ada Pihak yang akan dengan cara atau forum apapun, atau dalam yurisdiksi manapun, membantah keabsahan, atau mengajukan keberatan terhadap, Syarat dan Ketentuan ini atas dasar ketidakpatuhan terhadap UU No. 24.

9.5 Segala korespondensi, pemberitahuan dan komunikasi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini wajib disampaikan ke alamat berikut:

(a) Penyedia:

PT Kreigan Sentral Teknologi
Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F
Jl. Letjend S. Parman Kav. 22-24
RT 001 / RW 004
Kel. Pamerah
Kec. Palmerah
Kota Administrasi Jakarta Barat
DKI Jakarta
Email: support@flick.id

(b) Pengguna: akan dikirimkan ke alamat email sebagaimana tercantum saat registrasi akun atau media komunikasi lainnya (sebagaimana sesuai).

E-Money

Syarat dan Ketentuan Produk E-Money ini berlaku mengikat terhadap Anda sebagai pengguna layanan dan/atau produk dari Penyedia (selanjutnya disebut sebagai “Pengguna”) yang mengakses dan/atau menggunakan sebagian atau seluruh uang elektronik, fitur dan/atau layanan yang diterbitkan oleh, dan/atau tersedia di aplikasi, E-Money PT Kreigan Sentral Teknologi , sebuah perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum dan berdomisili di negara Republik Indonesia (“Penyedia”).

Masing-masing Penyedia dan Pengguna disebut sebagai “Pihak” dan bersama-sama, “Para Pihak.”

Para Pihak terlebih dahulu menerangkan dan menyepakati Konsiderans berikut ini, yaitu bahwa:

  • Penyedia merupakan pengelola dan/atau penyedia berbagai layanan dan/atau produk berbasis digital untuk keperluan kegiatan komersial yang tersedia di situs yang dimiliki dan dikelola oleh Penyedia yaitu (https://www.flick.id) dan Pengguna dengan ini menyatakan telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini sebelum menggunakan berbagai layanan dan produk yang ditawarkan oleh Penyedia.
  • Penyedia atas kebijaksanaannya sendiri yang mutlak, berhak untuk mengamendemen, mengubah atau menambahkan Syarat dan Ketentuan setiap saat (dengan tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia) untuk jumlah yang tidak terbatas dan tanpa batasan untuk menampilkan versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan ini yang telah diamendemen, diubah atau ditambahkan ([https://www.flick.id/syarat-dan-ketentuan-e-money]) (“Perubahan Syarat dan Ketentuan”).
  • Perubahan Syarat dan Ketentuan berlaku efektif setelah pengumuman akan perubahan tersebut ditampilkan [dua (2)] hari pada situs Penyedia. Pengguna dengan ini setuju untuk menerima dan terikat dengan setiap Perubahan Syarat dan Ketentuan tersebut. Setiap Perubahan Syarat dan Ketentuan akan dianggap sebagai pernyataan kembali atas seluruh Syarat dan Ketentuan dan akan menggantikan seluruh versi terdahulu. Jika Pengguna keberatan dengan Perubahan Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna harus berhenti mengakses atau menggunakan layanan dan/atau fitur Aplikasi.

Para Pihak dengan ini menyepakati hal-hal sebagai berikut:

1. Definisi dan interpretasi

Untuk tujuan Syarat dan Ketentuan ini, kecuali apabila konteksnya bermaksud lain, istilah-istilah yang didefinisikan memiliki arti sebagaimana berikut:

Afiliasi” berarti (a) hubungan antara Penyedia dengan pegawai, direktur atau komisaris Penyedia; (b) hubungan antara Penyedia dengan perusahaan lain di mana terdapat satu atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama; (c) hubungan antara perusahaan dengan Penyedia, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut; (d) hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh Penyedia; atau (e) hubungan antara Penyedia dan pemegang saham utama.

Aplikasi” berarti aplikasi E-Money yang dimiliki dan dikelola oleh Penyedia terkait penerbitan dan penyelenggaraan Uang Elektronik.

Bank”berarti badan hukum yang bergerak di bidang perbankan dan didirikan berdasarkan hukum Indonesia.

Mitra Resmi” berarti mitra resmi yang menjalin kerja sama atau terdaftar dengan Penyedia di mana platform mitra tersebut memungkinkan agar beberapa atau seluruh bagian dari fitur Aplikasi dapat diakses, atau menunjang fitur-fitur Aplikasi.

Uang Elektronik” berarti alat tukar elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi pembayaran.

2. Registrasi, verifikasi dan otorisasi

2.1 Pengguna wajib melakukan registrasi untuk mendapatkan akun pribadi dengan mengikuti langkah-langkah dalam link berikut ini [insert link].

2.2 Pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi dan/atau otorisasi instruksi dengan menggunakan berbagai jenis informasi pribadi (misalnya tanggal lahir) dan informasi keamanan yang berbeda (misalnya, personal identification number (PIN), password, one time password (OTP), verifikasi biometris, dan sebagainya) yang dibutuhkan oleh Aplikasi dan atau layanan pendukung dari Afiliasi atau Mitra Resmi.

2.3 Setelah verifikasi dan otorisasi dilakukan, Aplikasi akan melaksanakan instruksi, termasuk instruksi penggunaan Uang Elektronik, sesuai perintah Pengguna. Pengguna wajib untuk memastikan tidak mengungkapkan informasi pribadi dan/atau informasi keamanan untuk verifikasi dan otorisasi kepada pihak ketiga manapun.

2.4 Pengguna dengan ini setuju untuk menanggung sendiri setiap risiko terkait pengungkapan informasi pribadi dan/atau informasi keamanan untuk verifikasi dan otorisasi kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.

2.5 Registrasi akun pada Aplikasi hanya dapat dilakukan oleh Pengguna sendiri sebagai subjek hukum. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa registrasi akun Aplikasi ditujukan untuk kepentingan Pengguna sendiri, bukan untuk kepentingan pihak lainnya manapun, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun. Penyedia berhak menolak registrasi yang dilakukan untuk kepentingan pihak manapun selain Pengguna sendiri, termasuk badan hukum dan/atau badan usaha manapun.

2.6 Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah individu yang cakap dan berwenang, atau telah mendapatkan persetujuan dari wali atau pengampu, secara hukum untuk terikat dalam Syarat dan Ketentuan ini.

3. Penggunaan Aplikasi dan Uang Elektronik

3.1 Pengguna dapat melakukan isi ulang (top-up), penarikan (withdraw) saldo Uang Elektronik dari Aplikasi melalui sarana-sarana yang disediakan dalam Aplikasi oleh Penyedia atau Mitra Resmi. Namun demikian, segala kerugian yang disebabkan oleh gangguan-gangguan teknis Mitra Resmi tidak akan ditanggung oleh Penyedia.

3.2 Pengisian, transfer, penggunaan dan penarikan saldo Uang Elektronik dapat tunduk pada biaya administrasi yang ditetapkan oleh Penyedia atau Mitra Resmi (sebagaimana sesuai) dari waktu ke waktu sebagaimana dicantumkan dalam Aplikasi atau platform Mitra Resmi.

3.3 Penarikan hanya dilakukan dalam penarikan tunai ke rekening bank yang terdaftar pada saat registrasi akun.

3.4 Saldo Uang Elektronik dapat berjumlah sampai dengan batasan sejumlah Rp[●], dengan maksimum transaksi bulanan sebesar Rp[●]. Penyedia dengan ini menegaskan bahwa pihaknya bukanlah lembaga perbankan, dan setiap saldo Uang Elektronik tidak dapat dipersamakan dengan persepsi simpanan dalam Bank.

3.5 Uang Elektronik dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran barang dan/atau jasa yang ditawarkan dalam atau luar Aplikasi, dengan pedagang (merchant) terdaftar [dan/atau pengguna Aplikasi] lainnya. Jika saldo Uang Elektronik tidak mencukupi, proses pembayaran dapat ditolak atau jika transaksi bersangkutan dimungkinkan untuk pembayaran secara Uang Elektronik sebagian, maka Pengguna wajib membayar selisihnya menggunakan uang tunai atau cara lain.

3.6 Transaksi yang telah diotorisasi dan diproses tidak dapat dibatalkan, kecuali karena alasan-alasan tertentu dan dengan mekanisme dan konsekuensi pembatalan yang ialah berdasarkan kebijaksanaan penuh Penyedia (misalnya penipuan oleh pedagang atau gangguan teknis Aplikasi).

3.7 Penyedia tidak bertanggung jawab atas barang dan/atau jasa yang digunakan/dibeli/dikonsumsi menggunakan Uang Elektronik dan/atau Aplikasi.

3.8 Penyedia memiliki hak absolut untuk menolak setiap transaksi yang melanggar Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku.

4. Penghentian Layanan

4.1 Penyedia dapat menghentikan layanan apapun untuk sementara waktu atau secara permanen dari setiap Pengguna jika:

(a) diminta oleh Pengguna;

(b) untuk menghindari segala bentuk penyalahgunaan atas akun Pengguna;

(c) dokumen atau informasi terkait verifikasi dan otorisasi yang diterima oleh Penyedia ialah tidak akurat, tidak sah dan/atau tidak lengkap;

(d) menurut pertimbangan Penyedia, terjadi hal-hal yang merugikan dan/atau dapat merugikan Penyedia atau Pengguna atau pihak ketiga lainnya;

(e) perintah dari institusi berwenang;

(f) terdapat pola transaksi mencurigakan yang berpotensi menyalahi Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku;

(g) akun Aplikasi tidak digunakan selama [6 (enam)] bulan berturut-turut; atau

(h) inspeksi, perbaikan, pemeliharaan atau peningkatan sistem (Penyedia akan memberitahu Pengguna secara tertulis apabila terdapat gangguan terhadap Sistem Pembayaran akibat kegagalan sistem, jaringan, koneksi internet atau alasan lainnya, serta informasi lanjutan apabila gangguan tersebut telah selesai);

(i) alasan jelas lain yang ditentukan oleh Penyedia.

4.2 Penghentian layanan dapat diangkat apabila terdapat bukti-bukti, verifikasi dan/atau otorisasi yang dapat meyakinkan Penyedia bahwa peristiwa dan/atau keadaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4.1 tidak lagi terjadi atau berlanjut.

4.3 Terhadap penghentian yang diikuti dengan penutupan akun akan dilakukan penggantian terhadap setiap sisa saldo Uang Elektronik kepada Pengguna, sesuai Syarat dan Ketentuan dan hukum yang berlaku.

5. Data pribadi

5.1 Pengguna dengan ini menyadari dan setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data termasuk data pribadi yang disampaikan kepada Penyedia, termasuk oleh, kepada dan/atau melalui Aplikasi, Afiliasi dan/atau Mitra Resmi, dan data yang Penyedia kumpulkan sehubungan dengan penyediaan layanan kepada Pengguna, tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam pada Penyedia (“Kebijakan Privasi Penyedia”).

5.2 Penyedia tidak akan mengungkapkan informasi pribadi Pengguna kepada pihak manapun, kecuali sebagaimana yang diizinkan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau Kebijakan Privasi Penyedia.

6. Pembatasan tanggung jawab Penyedia

6.1 Sebagai tambahan terhadap setiap pembatasan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, Penyedia tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian dalam bentuk atau jenis apapun yang dialami Pengguna atau pihak ketiga yang disebabkan oleh kesalahan dan/atau kelalaian Pengguna atau pihak ketiga manapun, termasuk pelaku usaha dan mitra yang menyediakan sarana pengisian dan penarikan saldo Uang Elektronik.

6.2 Penyedia hanya bertanggung jawab atas kerugian langsung, yakni jumlah yang senyatanya dibayar, yang timbul atau sehubungan dengan penggunaan akun Aplikasi, yang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan nyata Penyedia atau pelanggaran Penyedia atas Syarat dan Ketentuan ini. Dalam setiap hal apapun, maksimal tanggung jawab Penyedia hanya terbatas pada jumlah saldo terakhir Uang Elektronik yang ada di sistem Penyedia.

6.3 Pengguna dengan ini membebaskan dan melepaskan, dan akan mengindemnifikasi Penyedia dari segala tuntutan, klaim, gugatan, permohonan dari pihak manapun atas segala bentuk ganti rugi dan tanggung jawab atau apapun yang serupa dengan hal tersebut, baik secara materiil atau immateriil, baik melalui forum resmi atau forum tidak resmi, atas segala hal yang disebabkan oleh pelanggaran Pengguna atas Syarat dan Ketentuan ini.

7. Jangka Waktu dan Pengakhiran

7.1 Syarat dan Ketentuan ini berlaku terus menerus sampai dengan salah satu Pihak mengakhirinya.

7.2 Masing-masing Pihak berhak untuk sewaktu-waktu mengakhiri Perjanjian ini apabila terjadi salah satu dari hal-hal sebagai berikut:

(a) Penghentian layanan secara sementara atau permanen berdasarkan Pasal 4;

(b) Salah satu Pihak melanggar salah satu ketentuan di Syarat dan Ketentuan ini, dan pelanggaran tersebut tidak dapat diperbaiki;

(c) Salah satu Pihak melanggar salah satu ketentuan di Syarat dan Ketentuan ini, dan pelanggaran tersebut dapat diperbaiki, namun Pihak yang melanggar tidak mampu memperbaiki pelanggaran tersebut dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) Hari Kerja sejak tanggal terjadinya pelanggaran tersebut; atau

(d) Salah satu Pihak pailit atau menjadi tidak cakap atau tidak berwenang untuk bertindak secara hukum, memenuhi ketentuan Force Majeure, dan oleh karena itu tidak mampu melanjutkan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.

7.3 Pengakhiran Perjanjian ini tidak melepaskan masing-masing Pihak dari kewajibannya yang timbul sebelum dan/atau pada saat pengakhiran Perjanjian ini. Para Pihak wajib menyelesaikan kewajiban dimaksud dalam jangka waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja setelah tanggal efektif berakhirnya Perjanjian ini.

7.4 Dalam pelaksanaan pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini, Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan ketentuan yang tercantum di dalam Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

8. Lain-lain

8.1 Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

8.2 Apabila dalam pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini terjadi perbedaan pendapat dan/atau penafsiran maupun terjadi perselisihan di antara Para Pihak dalam Syarat dan Ketentuan ini, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara musyawarah dengan itikad baik untuk mencapai mufakat. Apabila musyawarah mufakat tidak tercapai, maka Para Pihak sepakat memilih kedudukan hukum yang tetap dan seumumnya di [Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan] di Jakarta sebagai sarana penyelesaian perselisihan tersebut.

8.3 Dalam hal terjadi Force Majeure, Pihak yang mengalami peristiwa yang dikategorikan sebagai Force Majeure wajib memberikan pemberitahuan secara tertulis tentang hal tersebut kepada Pihak lainnya selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja terhitung sejak tanggal terjadinya Force Majeure tersebut, karenanya Para Pihak dengan ini menjadi tidak bertanggung jawab atas kelalaian atau keterlambatan pelaksanaan seluruh atau sebagian Syarat dan Ketentuan ini. Segala permasalahan yang timbul sebagai akibat dari terjadinya Force Majeure tersebut akan diselesaikan secara musyawarah oleh Para Pihak. Dalam hal Force Majeure berlanjut terus-menerus sampai dengan 30 (tiga puluh) Hari Kerja, maka pihak yang tidak mengalami Force Majeure dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan ini.

8.4 Syarat dan Ketentuan ini ditampilkan dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Untuk mematuhi Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2009 tertanggal 9 Juli 2009 tentang bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan (“UU No. 24”), Para Pihak setuju versi Bahasa Indonesia dari Syarat dan Ketentuan ini akan dianggap sebagai suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan versi Bahasa Inggris. Dalam hal suatu kerancuan, keraguan atau inkonsistensi timbul antara teks Bahasa Inggris dan teks Bahasa Indonesia, atau jika terdapat perselisihan sehubungan dengan makna atau interpretasi dari Syarat dan Ketentuan tertentu, Para Pihak dengan ini setuju bahwa versi Bahasa Inggris akan dianggap dengan sendirinya diubah untuk menyesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia. Setiap Pihak selanjutnya setuju bahwa tidak ada Pihak yang akan dengan cara atau forum apapun, atau dalam yurisdiksi manapun, membantah keabsahan, atau mengajukan keberatan terhadap, Syarat dan Ketentuan ini atas dasar ketidakpatuhan terhadap UU No. 24.

8.5 Segala korespondensi, pemberitahuan dan komunikasi berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini wajib disampaikan ke alamat berikut:

(a) Penyedia:

PT Kreigan Sentral Teknologi
Grand Slipi Tower Lt. 5 Unit F
Jl. Letjend S. Parman Kav. 22-24
RT 001 / RW 004
Kel. Pamerah
Kec. Palmerah
Kota Administrasi Jakarta Barat
DKI Jakarta
Email: support@flick.id

(b) Pengguna: akan dikirimkan ke alamat email sebagaimana tercantum saat registrasi akun atau media komunikasi lainnya (sebagaimana sesuai).

Flick Logo